Sedekah Bumi Karimunjawa 2016

Sedekah Bumi acara tahunan di karimunjawa sebagai rasa syukur apa yg dilimpahkan tuhan kepada masyarakat karimunjawa dengan keindahan alam dan sumber air, pangan dan tanaman yg subur.  pencak suku bugis, reog, tari tarian Jawa, dekorasi yang serba dari alam karimunjawa.
sedekah bumi karimunjawa 2016

Budaya Lokal Karimunjawa

Karimunjawa yang sekarang menjadi perhatian Internasional sebagai tempat wisata kini mulai sedikit membuat suasana sedekah bumi tampak berbeda, dengan menampilkan budaya lokal seperti:
  • Pencak Suku Bugis
  • Reog
  • Tarian Jawa
  • Natural Decor (dari alam)
Sedekah bumi setiap tahunnya diselenggarakan di kali (mata air kecil yang ta pernah habis airnya) atau dekat makam danang Joyo Kusumo, yang diyakini masyarakat sebagai sesepuh yang dulu pernah menjadi pejuang dan mengajarkan agama di karimunjawa.

Waktu Sedekah Bumi

Sedekah bumi di laksanakan pada Bulan Apit (Bulan Jawa) biasanya masyarakat menampilkan hiburan wayang pada setiap sedekah bumi. Pada siang hari ketika ritual, masyarakat membawa jajan pasar dan makanannya untuk di tukar tukarkan kepada pada pengunjung yang hadir. Mereka berkumpul bersama dan makan bersama.

Galley Foto Sedekah Bumi Karimunjawa Tahun 2016

sedekah bumi karimunjawa 2016
sedekah bumi karimunjawa 2016

sedekah bumi karimunjawa
sedekah bumi karimunjawa