3 Hal Penting yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Berwisata ke Pulau Karimunjawa

Beberapa bulan sebelum liburan tiba, Anda pasti sudah sibuk melakukan searching di mesin pencari google untuk mencari tempat liburan yang cocok untuk kocek dan juga selera Anda. Salah satu tempat yang mungkin menjadi tempat liburan impian Anda adalah  wisata pulau Karimunjawa.
Turis asing menjuluki Karimunjawa dengan sebutan Carribean of Java.  Ada juga yang menyebut Karimunjawa sebagai Indonesia’s Maldives. Yup julukan ini memang tidak salah karena Karimunjawa juga memiliki keindahan pantai dan gugusan pulau yang hampir mirip dengan kawasan Laut Karibia dan Maldives. Jadi tidak heran, objek wisata yang satu ini menjadi incaran banyak wisatawan, termasuk turis asing.
Sekedar info, jumlah pulau yang ada di kawasan Karimunjawa ada 27 buah, dan mayoritas pulau memberikan pemandangan laut dan pantai yang indah, alami, termasuk juga dengan pasir putihnya yang bak tepung. Bila Anda ingin melakukan wisata pulau Karimunjawa, pastikan kalau Anda berlibur cukup lama untuk bisa mengeksplorasi keindahan alam dan objek wisata yang cukup beragam.

Persiapan Sebelum Berwisata ke Pulau Karimunjawa

Kalau Anda sudah memutuskan untuk berlibur ke pulau-pulau di kawasan Karimunjawa, mungkin ada baiknya Anda mempersiapkan tiga hal penting ini:

1. Transportasi

trnasportasi karimunjawa
trnasportasi favorit wisatawan karimunjawa
Bagi Anda yang datang dari luar pulau Jawa, tentunya akan lebih efektif jika menggunakan pesawat terbang menuju Semarang. Tidak perlu khawatir dengan biayanya, karena sekarang sudah banyak maskapai low-cost carrier yang siap membawa Anda, seperti Lion Air dan Citilink. Anda bisa membeli tiket Citilink murah di berbagai agen travel online seperti Traveloka

Bila tujuan wisata Anda adalah tempat dengan pemandangan indah dan asri, sudah tentu Anda membutuhkan usaha yang juga serius. Anda bisa menuju ke Karimunjawa melalui dua kota penyebrangan,  yaitu : Pelabuhan Kartini di Jepara, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang atau via Pelabuhan Kendal.  Kebanyakan masyarakat Jakarta biasanya memilih ke Karimunjawa lewat Pelabuhan Kartini, Jepara karena dianggap lebih efisien.
Dari Pelabuhan Kartini, Anda bisa menumpang kapal motor penumpang (KMP) atau kapal motor cepat. Dari Pelabuhan Kartini ke Pelabuhan Karimunjawa akan memakai waktu sekitar 6 jam perjalanan dengan KMP. Kalau Anda merasa perjalanan itu terlalu lama, Anda bisa menyeberang dengan mengunakan kapal motor cepat dengan tariff yang lebih mahal namun waktu yang lebih cepat yaitu cuma 45 menit!
Masih menganggap perjalanan itu lama? Kenapa tidak mengunakan pesawat terbang saja? Pesawat Susi Air melayani penerbangan ke Bandara Dewandaru Karimunjawa dari Semarang.
Sebelum berangkat, Anda harus tahu pasti kapan saja kapal tersebut beroperasi dan juga transportasi alternatif apa saja yang bisa Anda dapatkan saat wisata kepulauan Karimunjawa.
Anda bisa memesan tiket dengan mengunakan travel-online yang kini cukup menjamur. Selain lebih cepat, Anda juga bisa mendapatkan tiket yang murah.

2. Penginapan

penginapan karimun jawa
penginapan di karimun jawa
Sebagaimana tempat pariwisata, Anda akan menemukan banyak pilihan penginapan di Karimunjawa. Ada penginapan yang berupa homestay, bungalow bahkan juga hotel untuk Anda yang kebetulan berkocek tebal. Jadi tidak perlu resah dan khawatir menjadi homeless di Karimunjawa.
Sebagaimana ongkos transportasi yang naik saat musim liburan, begitu juga harga kamar penginapan. Bila Anda kebetulan berlibur dengan teman atau keluarga, patungan homestay dan bungalow adalah alternatif supaya lebih murah.
Ingin menjadi backpacker sejati karena kantong pas-pasan untuk menginap di penginapan? Tenang, Anda bisa membawa tenda dan memilih untuk camping di Karimunjawa dengan teman-teman. Salah satu tujuan yang cocok untuk camping adalah Pulau Cemara? Alasannya  pantai yang bersih dan ternyata ada yang jualan makanan disana sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan.

3. Objek Wisata yang akan dikunjungi

obejk wisata karimunjawa
Sangat sangat sangat disarankan untuk melakukan riset sebelum ke Karimunjawa, termasuk riset mencari onjek wisata apa yang akan Anda kunjungi. Pilihan wisata setiap orang pastinya berbeda, sehingga kalau Anda berwisata secara rombongan, baiknya menyatukan visi dan misi dulu, sehingga liburan semakin asyik.
Banyak objek wisata yang ditawarkan untuk Anda sehingga banyak alternatif pilihan. Buat Anda yang memutuskan bermalas-malasan, mungkin Anda bisa berwisata ke Pantai Tanjung Gelam yang berpohon kelapa miring.
Anda yang nge-fans hal-hal yang memicu adrenalin mungkin bisa memilih pengalaman berenang bersama hiu di Pulau Menjangan besar.
Untuk Anda yang menyukai pemandangan alam bawah laut dan juga tumpukan bangkai kapal karam yang penuh misteri, Anda bisa melakukan snorkeling dan diving dengan menyewa peralatan. Harganya cukup terjangkau kok.
Dengan merencanakan liburan dengan baik, maka liburan Anda akan lebih bermutu, berkesan dan tentu saja bisa menghilangkan stress. Bagi Anda yang mungkin tidak punya waktu untuk merencanakan liburan, namun ingin berlibur ke Karimunjawa, silahkan cek Ransel Karimun Jawa Tour. Anda bisa memilih berbagai macam paket wisata yang bisa anda sesuaikan. Selain punya banyak pilihan, pastinya tidak akan menguras kantong karena paket-paket wisatanya ditawarkan dengan harga terjangkau. So, tunggu apa lagi?